Category Archives: Kanzashi

Seni lipat kain dari jepang

Kanzashi Aksesoris Rambut.

Kanzashi (4)

Kanzashi merupakan salah satu aksesoris yang menjadi bagian dari tatanan model rambut tradisional jepang. Sebagian orang yang percaya bahwa Kanzashi memilki fungsi ganda yaitu dapat digunakan sebagai senjata untuk membela diri jika dalam keadaan bahaya.
Sejarah kanzashi pertama kali digunakan di jepang selama periode Jomon. Pada jaman itu, orang percaya bahwa batang tipis atau tongkat dipercaya dapat memiliki kekuatan mistis yang dapat mengusir roh roh jahat, sehingga dipakai dirambut mereka.
Pada masa Heian, model rambut telah berubah menjadi model panjang dengan diikat kebelakang atau kebawah. Pada masa ini merupakan era dimulainya penggunaan Kanzashi secara umum sebagai aksesoris rambut termasuk sisir dan jepit rambut.
Pada masa Azuchi-Momoyama, terjadi perubahan dari model Teregami atau model rambut panjang lurus ke model rambut dengan menggunakan lebih banyak aksesoris rambut.

Kanzashi (1)

Kanzashi digunakan secara luas selama masa Edo. Pada masa ini model rambut menjadi lebih rumit dengan menggunakan sejumlah besar aksesoris. Para pengrajin Kanzashi mulai meningkatkan kualitas dari peoduknya menjadi lebih halus, termasuk hiasan rambut yang dipakai sebagai senjata untuk mempertahankan diri. Pada akhir masa Edo, keahlian dari pembuatan produk Kanzashi mencapai puncaknya dengan berbagai gaya dan desain yang telah diciptakan.
Saat ini penggunaan Kanzashi telah berkembang secara signifikan, banyak dipakai dalam tata rambut model rambut barat. Penggunaan Kanzashi secara umum pada saat ini adalah dalam upacara pernikahan Shinto dan digunakan oleh Maiko(Geisha magang). Kanzashi banyak dipakai oleh para pengantin, professional Kimono seperti Geisha, tayu dan Yujo atau oleh para ahli dalam upacara minum teh dan Ikebana.

Tsumami kanzashi telah ditetapkan secara resmi sebagai kerajinan tradisional Jepang di wilayah Tokyo sejak tahun 1982. Para profesional pengrajin tradisional yang terlatih biasanya menjalani lima sampai sepuluh tahun magang. Dari tahun 2002-2010, jumlah mereka di dalam negeri diperkirakan menurun 15-5.

Kanzashi (2)

Kanzashi dengan teknik kelopak-lipat telah menjadi hobi yang populer saat ini, hal ini terjadi karena banyaknya buku, kit, dan pelajaran mengenai teknik pembuatan kanzashi dari berbagai sumber seperti museum Kanzashi Tsumami di Shinjuku.
Ada banyak variasi dan gaya dalam memakai kanzashi. Cara seorang geisha dalam memakai kanzashi menunjukkan statusnya dan ini sebagai bagian dari informasi kepada hadirin, sesuai dengan jenis dan lokasinya. Maiko atau geisha magang biasanya memakai kanzashi lebih banyak dan rumit daripada geisha tua dan melalui beberapa gaya rambut di mana Kanzashi harus dipakai dalam pola yang tetap.

4,313 total views, no views today

Kanzashi Rose

 

Kanzazhi Rose ini terbuat dari kain satin berwarna pink. Kanzazhi Rose ini terbuat dari kain satin dengan berbagai warna seperti pink, hijau dan merah. Kanzazhi Rose ini terbuat dari kain satin dengan berbagai warna seperti pink, hijau dan merah.

Koleksi aneka Kanzazhi Rose yang terbuat dari kain satin dengan berbagai warna seperti pink, hijau, biru dan merah

43,463 total views, 8 views today

Bando cantik dengan Kanzashi biru dan mutiara putih

 

Bando cantik dengan aneka warna warni dengan Kanzashi biru dan mutiara putih

Bando cantik dengan aneka warna warni dengan Kanzashi biru muda dan tiga buah mutiara ungu ditengahnya.

 Bando cantik dengan aneka warna warni dengan Kanzashi biru dan tiga buah mutiara merah ditengahnya.

 

Bando cantik dengan aneka warna warni dengan Kanzashi hijau toska dan mutiara putih dan hitam kecil disekelilingnya.

 

26,745 total views, no views today

Bando Cantik dengan Kanzashi Merah dan Mutiara

 

Bando Cantik warna warni dengan Kanzashi Merah dan Mutiara ditengahnya.

 

Bando Cantik warna warni dengan Kanzashi Merah dan Mutiara hitam ditengahnya.

 

Bando Cantik warna warni dengan Kanzashi Merah dan tiga buah Mutiara putih ditengahnya.

Bando Cantik warna warni dengan Kanzashi Merah dan tiga Mutiara biru ditengahnya.

Bando Cantik warna warni dengan Kanzashi Merah dan Mutiara hitam ditengahnya.

Bando Cantik warna warni dengan Kanzashi Merah dan Mutiara putih ditengahnya.

 

 

49,631 total views, 10 views today